Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa bekerjasama dengan Faculti Perlandangan dan Agroteknologi Universitas Teknologi Mara dan Faculti Pertanian Lestari menyelenggarakan Pengbdian kepada Masyarakat berskala International “International Commmunity Service” pada hari Senin, 25 Oktober 2021 di Desa Baru Kecamatan Marga.

Acara dihadiri oleh Dekan FP Unwar, Dekan Faculty of Plantation and Agrotechnology, Universiti Teknologi MARA, WD I, WD II, WD III FP Unwar, Sekretaris LPM Unwar, Pemerintah Desa Baru, Dosen dilingkungan FP Unwar, Kelompok Desa Wisata Pinge Desa Baru, dan Mahasiswa FP Unwar.

Dekan Fakultas Pertanian Unwar, Ir. Dewa Nyoman Sadguna, M.Agb, mengatakan kegiatan International Community Service FP Univ. Warmadewa ini bekerjasama dengan tiga Fakulti dan satu institute di Malaysia serta pula ada satu Desa, dan tiga kelompok tani di Desa Baru, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. Rancana bangun kegiatan ini telah mulai diinisiasi oleh para mitra kerjasama sejak tiga bulan yang lalu sampai kepada terwujudnya Memorandum of Action (MoA) atau kesepakatan kerjasama yang saling menguntungkan untuk saling berbagi tugas dan peran masing-masing, yaitu berupa kegiatan pengabdian kepada masyarakat berskala internasional dengan target luaran berupa publikasi pada jurnal bereputasi dengan memenuhi ketentuan dan skema simlitabmas kememdikbud-ristek-dikti.

Kegiatan yang ketiga ini mengambil tema dengan Pengembangan Desa Wisata Berbasis Agro Kreatif, ditangani oleh Department of Agrotechnology / Prodi Agroteknologi FP Unwar bekerjasama dengan Fakulti Perladangan dan Agroteknologi Universiti Teknologi Mara, Malaysia dan dengan mitra Desa Wisata Pinge, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan

Materi inovasi teknologi yang diabdikan ini akan disampaikan secara bertahap dan terjadwal pada kesempatan yang terbaik dari para mitra kerjasama dengan tenggat waktu sampai pada bulan Oktober 2021. Metode kegiatannya adalah melalui metode Ceramah, Tanya – jawab, Diskusi Mendalam, dan Praktek penerapannya dalam bentuk Demonstrasi Plot (demplot) kepada masyarakat sasaran terampil dalam penerapan inovasi teknologi tersebut, dan kemudian semua proses kegiatan akan selalu dilakukan monitoring evaluasi sesuai dengan target capaian indikator kinerja sasaran. Seluruh proses kegiatan juga dibagikan kepada khalayak mahasiswa dan komunitas petani di Malaysia melaui link virtual (media zoom dan youtube) serta disertai dengan angket kepuasan penyimak/pemirsa virtual melalui google form serta umpan balik petani sasaran secara langsung.

Terwujudnya kegiatan kerjasama ini menandakan simbiosis mutualisme hubungan yang saling menguntungkan bagi para mitra kerjsama, dalam artian para Dosen di bilangan Perguruan Tinggi masing-masing dapat melakukan proses pembelajaran dan pengabdian langsung ke masyarakat serta masyarakat mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan dan teknologi, namun yang tak kalah pentingnya adalah saling membina kerukunan hidup, memupuk tali silaturahmi antar sesama. Tentu diawali dengan kegiatan community service ini maka diharapkan akan terus terjalin dan terbina kegiatan lain yang berkelanjutan, seperti riset kolaborasi, publikasi ilmiah, konferensi activity, Lecture and student exchange, kuliah umum, pelatihan-pelatihan, field project, dan bentuk-bentuk kerjasama lain yang relevan.

Dekan Faculty of Plantation and Agrotechnology, Universiti Teknologi MARA, Assoc. Prof. Ts. Dr Mohd Rasdi Zaini, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan kerjasama ini menjadi kebanggan untuk kami. Kegiatan ini menjadikan aebagai salah satu kegiatan pengabdian bagi masyarakat. Melalui kegiatan ini, hasil pemikiran-pemikiran oleh akademik dan mahasiswa mamou diaplikasikan pada masyrakat dalam memingkatkan sektor pertanian. Hasil kegiatan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi perkembangan pertanian serta saling berbagi pengetahuan dan wawasan dengan akademisi dan kelompok desa wisata.

Dalam program ini ahli-ahli yang terlibat akan memberikan ilmu dan pengetahuan dalam bidang pertanian. Dalam kesempatan ini juga nanti narasumber akan memberikan beberapa praktek tentang teknologi pertanian yang dapat diaplikasikan oleh masyarakat. Haraoan dari kegiatan ini sasaran serta target dari kegiatan ini mampu dicapai serta kerjasama-kerjasama antara Perguruan Tinggi ini bisa terus berlanjut dan berkesinambungan. Kegiatan inu juga nanti bisa diaplikasikan di daerah lain luar Bali, dan bahkan di Malaysia.

Narasumber dalam kegiatan ketiga ini adalah :

  1. Materi Perspektif Agronomi dalam Produksi Buah-buahan Tropis oleh Dr. Siti Maslizah Abdul Rahman dari Faculti Perlandangan dan Agroteknologi Universitas Teknologi Mara
  2. Materi Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Terpadu Pada Buah Tropis oleh Dr Ismail Rakibe Faculti Perlandangan dan Agroteknologi Universitas Teknologi Mara
  3. Teknologi Produksi Buah di Luar Musim Ir. Ni Komang Alit Astiari, M.Si dari Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa
  4. Pupuk Kompos Plus Trichoderma Ir. A. A. Sagung Putri Risa Andriani., M.Si dari Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa
  5. Desain dan Pengelolaan Lanskap Desa Wisata Dr.Ir. Ida Bagus Komang Mahardika, M.Si. dari Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa

Acara diisi dengan dengan penandatangan MoU serta penyerahan bibit pohon dan pupuk oleh Dekan FP Unwar yang diwakili WD III FP Unwar kepada Perwakilan Kelompok Desa Wisata Pinge, Desa Baru, Marga.

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.