Wine buah mangga arumanis merupakan salah satu produk inovasi dari Dosen sekalugus Alumni Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan bapak Ir. I Wayan Sudiarta, M.P. Wine ini minuman beralkohol yang dibuat dari buah mangga arumanis melalui proses fermentasi oleh aktivitas khamir. Proses tersebut membuat gula yang terdapat dalam sari buahnya dirombak oleh sel khamir menjadi alkohol dan karbondioksida sehingga menghasilkan wine dengan flavour khas buah mangga arumanis.  

Untuk pembuatan skala kecil dapat dipergunakan fermentor dari botol-botol kaca atau botol plastik bekas yang sudah disterilkan dengan volume 1.000 – 1.500 ml, selang kecil dan beaker glas, beberapa peralatan dapur yang biasa dipergunakan sehari-hari seperti blender, pisau dapur, saringan, panci perebus, gelas ukur, termometer, pH meter dan corong gelas. Sedangkan bahan yang digunakan antara lain buah mangga arumanis (Mangifera indica L), gula pasir, asam sitrat, NaOH dan khamir roti (Saccharomyces cerevisiae) untuk starter. Cara pembuatan starter yaitu buah mangga arumanis dikupas, diambil daging buahnya lalu diblender dan disaring. Tambahkan air bersih dengan perbandingan 1 : 1 v/v, pH diatur 4,0 . Dipasteurisasi pada suhu 60ºC selama 30 menit kemudian didinginkan. Masukkan dalam botol dan ditambahkan khamir roti sebanyak 2,5%, inkubasikan selama 24 jam. Setelah inkubasi media dapat dipergunakan sebagai starter dalam pembuatan wine buah mangga arumanis.

Langkah selanjutnya adalah pembuatan wine buah mangga arumanis, buah mangga dikupas dan daging buahnya diambil kemudian diblender dan disaring dengan kain saring. Kemudian tambahkan air bersih dengan perbandingan 1 : 4 v/v dan ditambahkan gula sebanyak 25% dan pH diatur 3,5. Media dipasteurisasi pada suhu 60ºC selama 30 menit kemudian didinginkan pada suhu kamar. Masukkan ke dalam botol-botol fermentasi dan tambahkan starter yang telah dibuat sebelumnya sebanyak 2,5%, selanjutnya difermentasi selama 15 hari. Dilakukan proses penuaan (aging) selama satu bulan untuk mematangkan wine sehingga terbentuk rasa dan aroma dari wine buah mangga arumanis. “Buah mangga arumanis merupakan jenis buah mangga yang baik untuk buat wine karena kadar gulanya cukup tinggi saat masak, juga kandungan asam organiknya cukup bagus untuk membentuk flavor wine buah.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *