Fakultas Pertanian Unwar telah melaksanakan PkM Kerja Sama Universitas Warmadewa Bali Bersama Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado dengan tema “Pemanfaatan Potensi Pertanian Lokal dalam Artti Luas Melalui Penerapan Teknologi Tepat Guna Menuju Pengembangan Ekowisata” secara Hybrid di Wantilan Desa Asah Duren dan secara daring dengan Zoom meeting pada hari Senin tanggal 10 Juli 2023.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah :
Bidang Peternakan :

  1. Prof. Dr. Ir. Jein Rinny Leke, MP., IPU. ASEAN Eng dari UNSRAT, dengan materi ” Strategi Pengembangan Ayam Lokal Berbasis Sumber Daya Lokal”
  2. Dr. Ir. Betty Bagau, MP dari UNSRAT, dengan materi ” Penambahan Molasses dan Aditif Tepung Biji Durian pada Pembuatan Silase Kulit Pisang Sepatu (Musa paradisiaca formatypa) Sebagai Pakan Ayam Kampung”
    Bidang Agroteknologi :
  3. Dr. Ir. Sandra E. Pakasi, M.Si dari UNSRAT, dengan materi ” Teknik Pengolahan Tanah yang Ramah Lingkungan”
    Bidang Perikanan :
  4. Dr. Ir. Reiny Antonetha Tumbol, M.App.Sc dari UNSRAT dengan materi “Penyakit Ikan Air Tawar dan Metode Pencegahannya”.
    Bidang Ilmu dan Teknologi Pangan :
  5. Dr. Ir. Gregoria S. Suhartati Djarkasi, M.Si. dari UNSRAT dengan materi “Pengembangan Minuman Beralkohol Berbasis Buah Lokal Pendukung Ekowisata”.
    Bidang Pertanian dalam Arti luas :
  6. Ir. Dewa Nyoman Sadguna, M.Agb. dari UNWAR dengan materi “Peran Dinamika Kelompok Dalam Mendukung Keberadaan dan Keberlanjutan Kelompok”.

Dr. Ir. I Gusti Bagus Udayana, M.Si dan Dr. Ir. Luh Suriati, M.Si bertugas selaku Moderator dalam kegiatan ini.

Narasumber bersama Tim diterima langsung oleh Camat Desa Pekutatan Wayan Yudana. Dalam sambutanya, beliau menyampaikan rasa terima kasihnya dan apresiasi yang luar biasa pada ketua PkM dan pihak FP Unwar. Kegiatan ini diharapkan akan berkesinambumgan selaras dengan program pkbs taman kerti Bali sentosa yang digagas oleh Gubernur Bali, yang diharapkan bisa dikolaborasi dengan program yang dijalankan di desa Asah Duren ini, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat mungkin bisa dipadukan dengan pariwisata pertanian, khususnya pohon pisang sebagai ekowisata. Beliau berharap untuk berkoordinasi dengan pihaknya dari pemerintahan dalam proses pendukung program ini, minimal dari pemerintah Desa jadi ada kerjasama yang baik sehingga program ini dapat berjalan dengan baik.

Dekan FP Unwar Ir Dewa Nyoman Sadguna, M.Agb membuka sekaligus memberi sambutan dalam kegiatan ini. Dalam sambutanya beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra, Pihak Universitas Sam Ratulangi dan masyarakat setempat khususnya pak Camat Pekutatan dan Pak Kepala Desa Asah Duren. Disampaikan pula bahwa sebenarnya FP Unwar memiliki Memorandum of Understanding atau nota sepahaman dengan pemerintahan daerah Kabupaten Jembrana namun sudah habis masa berlakunya. Melalui kegiatan ini diharapkan FP Unwar bisa kembali bersinergi dengan pihak Pemerintahan Kabupaten Jembrana. Diharapkan kedepanya bersama Universitas Sam Ratulangi berkenan melaksanakan kegiatan yang lain seperti misalnya kuliah umum bersama kemudian pertukaran mahasiswa, dosen seperti yang tengah FP Unwar lakukan dengan Universitas – universitas lain di Indonesia. Kerjasama FP Unwar bukan hanya dengan perguruan tinggi di dalam negeri tetapi juga dengan perguruan tinggi di luar negeri namun kami baru-baru ini juga seperti yang telah disampaikan oleh pak Sekretaris LPM telah melakukan kegiatan kerjasama dengan Universitas dari Filipina di l daerah Bongkasa dan di daerah Pancasari Buleleng. Kegiatan seperti ini bisa dikolaborasikan dengan Pemda, jadi Pemda mempunyai kegiatan yang berkaitan pemberdayaan masyarakat. Universitas Warmadewa mempunyai banyak binaan desa -desa di seluruh Bali yang sudah sukses ada yang mengelola VCO ada yang mengelola madu, arak, dan lain sebagainya, sehingga mereka bisa berwirausaha menjadi masyarakat desa swadaya sehingga dengan demikian tentu saja ini perlu kita tingkatkan untuk membina dan masyarakat desa di seluruh Bali.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Sekretaris LPM I Ketut selamet, S.E.MM yang juga memberi sambutan dalam kegiatan ini, Camat pekutatan , kepala desa, kelihan dinas, jero bendesa, kepala BPD, Babinsa, Poldes Asah Duren, Dinas pertanian Jembrana dan PPL, 4 kelompok tani beserta anggota,dosen FP dan mahasiswa FP Unwa

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *