Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa yang (FP Unwar) bekerjasama dengan Faculty of Agriculture Timor Lorosa’e National University menyelenggarakan International Community Service di Desa Singapadu Kaler, Selasa, 31 Mei 2022 melalui hybrid.

Adapun rangkaian kegiatan diisi dengan Webinar dan Praktek Lapangan dari masing-masing Prodi di lingkungan FP Unwar.

  • Webinar dari Prodi Peternakan diisi oleh Dr. Armando BM Afonso dan Ir. Yan Tonga, M.P., dengan materi Pengembangan Hijauan Ternak Kambing dan Formulasi Pakan Kambing.
  • Webinar dari Prodi Agroteknologi diisi oleh Salensia Hayati Afonso, SP dan Ir. A.A. Ngr. Mayun Wirajaya, M.M., dengan materi Budidaya Jahe.
  • Webinar dari Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan diisi oleh Dr. Ni Made Ayu Suardani S, S.TP., M.Si dan UNTL dengan materi Pengolahan Jahe.
  • Webinar dari Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan diisi oleh Mario Viegas Tilman, M.Sc dan Ir. Ni Made Darmadi, M.Si., dengan materi Budidaya Ikan Lele, Pengolahan dan Pemasarannya.

Kegiatan ini dihadiri oleh para dosen Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa, beberapa mahasiswa dan para panitia Pengabdian kepada Masyarakat.

Kepala Desa Singapadu Kaler I Made Karjana mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada FP. Unwar karena sudah memilih Desa Singapadu Kaler sebagai desa untuk pengabdian masyarakat. Kami mengundang beberapa kelompok desa yang aktif untuk turut hadir dalam acara pengabdian yaitu kelompok ternak kambing yang diwakilkan oleh Badan Permusyawaratan Desa, dimana bidang ini dulu sebelum adanya Covid-19 dikatakan bergerak di pariwisata, sehingga pihaknya berharap setelah adanya pengabdian ini dapat membantu meningkatkan perkembangan peternakan yang ada di desa Singapadu Kaler. Bidang perikanan ada kelompok budidaya lele yang datang menghadiri acara ini, perlu diketahui budidaya lele masi sangat sedikit di Desa Singapadu Kaler sehingga diharapkan setelah adanya pengabdian ini dapat menambah kelompok baru lagi. Kelompok budidaya jahe merupakan rekomendasi dari salah satu dosen dari FP Unwar, pihaknya juga berharap melalui pengabdian ini budidaya jahe di desanya dapat berkembang dengan bagus.

Dekan FP Unwar, Ir. Dewa Nyoman Sadguna, M.Agb, mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Singapadu Kaler karena telah bersedia bekerjasama dalam pengabdian ini. Berdasarkan survei lokasi dan rekomendasi, dikatakan desa Singapadu Kaler memiliki petani yang ingin mengetahui hal baru dalam bidang pertanian. Pada kegiatan kali ini ada empat bidang yang akan dilaksanakan yaitu : 1. Budidaya ikan lele dilakukan oleh Prodi MSDP, 2. Budidaya tanaman jahe yang dilakukan oleh Prodi Agroteknologi, 3. Pengolahan jahe yang akan dijadikan produk oleh Prodi ITP, 4. Pengembangan hijauan ternak kambing yang akan dilakukan oleh Prodi Peternakan. “Saya harap dari pengabdian ini kita dapat bekerja sama dan sama-sama mendapatkan timbal baliknya serta tetap menjaga tali silaturahmi dengan baik”.

Sementara itu, Rektor Unwar yang diwakili oleh Wakil Rektor III, Dr. Ir. I Wayan Parwata, M.T., IPU., Asean.Eng., menyampaikan apresiasinya kepada FP Unwar dan Faculty of Agriculture Timor Lorosa’e National University yang menjalankan tugas Tri Darma Perguruan Tinggi dengan baik dengan menyelenggarakan kegiatan pengabdian berskala internasional. Sinergitas antar lembaga dalam pembangunan desa dikatakan sangat penting, termasuk dengan lembaga pendidikan tinggi yang memiliki banyak program mengenai pemberdayaan masyarakat desa. Pemberdayaan desa akan lebih mudah dilakukan jika masing-masing pihak sesuai kompetensinya saling melengkapi untuk kemajuan desa. Pihaknya mengajak kelompok-kelompok aktif yang ada di desa untuk terus bersinergi dan bersama-sama memecahkan masalah atau kendala yang ditemukan sehingga ada temuan-temuan baru yang bisa dilihat oleh dosen-dosen di Unwar untuk diteliti. Pihaknya sangat berharap kegiatan ini serperti ini akan bisa berlangsung secara terus menerus dan berkelanjutan berkelanjutan.

Pada upacara Penutupan kegiatan PkM Kepala Desa Singapadu Kaler I Made Karjana menyampaikan terima kasih banyak banyak atas antusias terhadap kegiatan FP Unwar di Desa Singapadu Kaler. Kami berharap agar kegiatan ini tetap eksis dan berkesinambungan di Desa Singapadu Kaler, Kami berencana untuk mengirimkan surat permohonan pendampingan untuk menggenjot para kelompok yaitu penanaman dan pengolahan Jahe serta peternakan dan pemerahan susu kambing. Disamping itu kami akan menunggu kabar baik dari FP Unwar mengenai tindak lanjut penelitian dan inovasi produk olahan dari susu kambing dan jahe yang telah dikembangkan di Desa Singapadu Kaler.

Dalam upacara penutupan PkM ini, Dekan Fakultas Pertanian Ir. I Dewa Nyoman Sadguna ,M.Agb menutup acara PkM Internasional 2022. Beliau berharap semoga kerja sama ini terus berlanjut dengan lebih intens kedepanya dalam berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan tri dharma perguruan tinggi. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada para presenter atas kesempatan dan dan berbagai inovasi teknologi yang diberiksn kepada masyarakat petani desa Singapadu Kaler. Beliau sangat mengapresiasi antusiasme daripada bapak kepala desa Singapadu Kaler yang ingin melanjutkan kegiatan ini terutama dalam hal pengembangan jahe merah, dan menanti tindaklanjut berupa surat kepada bapak Rektor dengan tembusan ke fakultas pertanian Universitas Warmadewa yang akan dengan senang hati berusaha untuk selalu mendampingi bapak kepala desa dan juga masyarakat petani di desa setempat.

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.