PRODI Manajemen Sumber Daya Perairan

PERTEMUAN DAN SEMINAR INTERNASIONAL PIMPINAN PERGURUAN TINGGI PERIKANAN DAN KELAUTAN INDONESIA (FP2TPKI) KENDARI 15-16 SEPTEMBER 2017

  • slider
  • slider
  • slider
  • slider

Pertemuan ke 2 Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Perikanan dan Kelautan Indonesia serta seminar Internasional yang diselenggarakan selama dua hari di Swiss bell Hotel Kendari dihadiri oleh 59 pimpinan Fakultas atau Ketua Jurusan (Kaprodi) seluruh Indonesia dari 69 anggota forum yang terdaftar. Universitas Warmadewa dalam pertemuan yang baru pertama kali diikuti tersebut dihadiri oleh Kaprodi Manajemen Sumber Daya Perairan yang sekaligus mewakili Dekan Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa Denpasar.
Dalam pertemuan tersebut ada beberapa agenda penting yang dibahas untuk kemajuan lembaga, antara lain :

  1. Publikasi, terutama strategi publikasi untuk peningkatan kapasitas publikasi khususnya untuk publikasi perikanan dan kelautan
  2. Komunike bersama antara pimpinan fakultas/Kejur/Kaprodi tentang profesi keinsinyuran dengan memberikan tambahan kuliah 1 tahun dengan memberikan ketrampilan. Melalui Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dikategorikan menjadi tiga profesi :
    1. IPP (Insinyur Profesi Pratama) angka kredit (kum) 200-400
    2. IPM (Insinyur Profesi Madya) angka kredit (kum) 400-600
    3. IPU (Insinyur Profesi Utama) angka kredit (kum) >600
    Sehingga diperlukan tempat bai mahasiswa untuk magang yang sesuai dengan bidang ilmunya.
  3. Penentuan tuan rumah pertemuan 1 untuk tahun 2018 direncanakan diselenggarakan pada bulan Mei 2018, telah disepakati sebagai tuan rumah adalah Universitas Lambung Mangkurat, Banjar Baru, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Topik pertemuan Coaching Clinic Proposal. Disarankan dalam pertemuan tersebut setiap peserta menyiapkan satu proposal untuk publikasi online (OJS).
Setelah pertemuan yang berlangsung selama satu hari pada 15 September 2017, maka dilanjutkan pada tanggal 16 September 2017 acara Seminar Internasional dengan ibu Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Susi Pujiastuti sebagai Keynote Speaker. Seminar berlangsung satu hari. (SUG)

Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan (MSDP)

Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan (MSDP) adalah salah satu Program Studi di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa. Menyelenggarakan pendidikan S-1 yaitu program pendidikan memberikan gelar sarjana Perikanan (S.Pi). Program Studi MSDP menyediakan seperangkat kurikulum untuk menghasilkan lulusan yang mampu mendukung pengembangan pariwisata di perairan (Bahari) spesifik ekowisata (Wisata alam dan wisata berbasis konservasi) dalam rangka mewujudkan pariwisata berdaya saing dan berkelanjutan, mendukung pengembangan budidaya perairan ramah lingkungan dan berkelanjutan, mendukung pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan berbasis konservasi, mendukung pengembangan blue economy: khusus pemanfaatan sumber daya alam secara ekonomi dengan konsep ekologis (konsep zero waste). Dalam menyelesaikan studinya mahasiswa diwajibkan menempuh 148 sks yang dapat ditempuh dalam waktu 8 semester. Penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran yang dilakukan PS. MSP adalah kuliah, mengerjakan tugas praktikum, melakukan dan melaksanakan penelitian tugas akhir yaitu PKL, KKN dan skripsi yang diakhiri dengan seminar dan ujian.

Profil Lulusan Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan

Profil lulusan menggambarkan Capaian Pembelajaran (CP) PS Manajemen Sumber Daya Perairan (MSDP) untuk jenjang S-1. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dideskripsikan profil lulusan yang menggambarkan capaian pembelajaran PS Manajemen Sumber Daya Perairan (MSDP) yaitu :

  1. Pengusaha di bidang sumber daya Perairan
  2. Pengelola sumber daya Perairan
  3. Peneliti dan Pendidik
  4. Perumus kebijakan Sektor Perikanan dan Kelautan
  5. Konsultan Pengelola Lingkungan perairan

Visi Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan

Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan Unwar berdayasaing dan berintegritas di bidang pengelolaan sumber daya perairan, berbasiskan kepentingan kepariwisataan dan berwawasan lingkungan Tahun 2034.

Misi Program Studi (PS) Studi Manajemen Sumber Daya Perairan

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan relevan dengan potensi wilayah serta berorientasi pembangunan kepariwisataan berwawasan global.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan kegiatan ilmiah berbasis isu-isu terkini.
  3. Menerapakan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dan kemanfaatan bagi masyarakat.
  4. Mewujudkan Tata Kelola yang baik.
  5. Memperluas kerjasama dan membangunan jejering (networking).

Tujuan Program Studi Studi Manajemen Sumber Daya Perairan

  1. Menghasilkan sarjana yang mempunyai kompetensi (pengetahuan, keterampilan, sikap dan prilaku) di bidang Pengelolaan sumber daya Perairan berbasiskan kepentingan kepariwisataan dan berwawasan lingkungan.
  2. Menghasilkan hasil-hasil penelitian dan kajian-kajian ilmiah yang aktual sesuai dengan potensi wilayah.
  3. Menyediakan layanan ilmiah, desiminasi dan publikasi serta pengembangan IPTEK di masyarakat.
  4. Menjadikan Program Studi sebagai lembaga pendidikan tinggi di bidang pengelolaan sumber daya perairan yang kapabel dan kredibel.
  5. Memberikan sumbangan terhadap pengembangan IPTEK dan manajemen di bidang pengelolaan sumber daya perairan dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.
Post Thumb Post Thumb Post Thumb Post Thumb
Back to Top