Program Studi Perternakan Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa Indonesia bersama Fakulti Pertanian Lestari Universiti Malaysia Sabah menyelenggarakan  WEBINAR INTERNATIONAL COMMUNITY SERVICE” dengan tema Diversifikasi Hijaukan Pakan, Nutrisi, Pencegahan Penyakit, dan Kesehatan Sapi Bali Induk pada hari Sabtu, 30 Oktober 2021 di Desa Baru Marga, Tabanan secara daring.

Acara dihadiri oleh Dekan FP Unwar, WD I FP Unwar, WD II FP Unwar, Narasumber, Kaprodi dan Sekprodi Perternakan, Kelompok Tani Ternak Manah Cika Guna Bhakti, Dosen Prodi Pertenakan FP Unwar, dan Mahasiswa FP Unwar.

Narasumber dalam Webinar ini adalah :

  1. Dr. Candyrine Su Chui Len, dari Pakan Hijauan dari Fakulti Pertanian Lestari Universiti Malaysia Sabah dengan materi “Jenis, Morfologi, Nutrien dan  Budidaya Hijaukan Pakan”
  2. Prof. Madya Dr. Nur Hardy Abu Daud, dari Fakulti Pertanian Lestari Univetsiti Malaysia Sabah dengan materi “Pencegahan Penyakit dan Kesehatan Ternak Sapi”
  3. Ir. I Nyoman Kaca, M.Si., Studi Perternakan Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa Indonesia
    Dengan moderator Ir. Yan Tonga MP.,

Kepala Desa Baru Marga Tabanan, I Made Suarjana menyampaikan kegiatan yang dilakananakan oleh Universitas Warmadewa yang bekerjasama dengan PT yang ada di Malaysia dengan berbagai rangkaian kegiatan mulai dari 27 September 2021-30 Oktober 2021 telah berjalan dengan lancara. Kegiatan webinar dan pelatihan-pelatihan untuk beberapa kelompok maayarakat di Desa Baru telah memberikan pengetahuan baru bagi masyarakat desa. Kegiatan ini menjadi sangat bermanfaat bagi masyarakat pada kondisi pandemi ini. Besar harapan kami kegiatan ini bisa berjalan terus dalam memberikan kontribusi dalam kemajuan Desa Baru Marga dan Desa Baru Marga bisa menjadi Desa Wisata yang go Internasional.

Dekan Fakultas Pertanian Unwar , Ir. Dewa Nyoman Sadguna, M.Agb., mengatakan kegiatan International Community Service FP Universitas Warmadewa ini bekerjasama dengan tiga Fakulti dan satu institute di Malaysia serta pula ada satu Desa, dan tiga kelompok tani di Desa Baru, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. Rancang bangun kegiatan ini telah mulai diinisiasi oleh para mitra kerjasama sejak tiga bulan yang lalu sampai kepada terwujudnya Memorandum of Action (MoA) atau kesepakatan kerjasama yang saling menguntungkan untuk saling berbagi tugas dan peran masing-masing, yaitu berupa kegiatan pengabdian kepada masyarakat berskala internasional dengan target luaran berupa publikasi pada jurnal bereputasi dengan memenuhi ketentuan dan skema simlitabmas kememdikbud-ristek-dikti.

Kegiatan yang keempat ini mengambil tema Berkenaan dengan Diversifikasi Hijauan Pakan Ternak, khususnya Ternak Sapi, ditangani oleh Department of Animal Husbandry / Prodi Peternakan FP Unwar bekerjasama dengan Faculti Pertanian Lestari Universiti Malaysia Sabah dan dengan mitra Kelompok Tani Ternak Manah Cika Guna Bhakti.

Materi inovasi teknologi yang diabdikan ini akan disampaikan secara bertahap dan terjadwal pada kesempatan yang terbaik dari para mitra kerjasama dengan tenggat waktu sampai pada bulan Oktober 2021. Metode kegiatannya adalah melalui metode Ceramah, Tanya – jawab, Diskusi Mendalam, dan Praktek penerapannya dalam bentuk Demonstrasi Plot (demplot) kepada masyarakat sasaran terampil dalam penerapan inovasi teknologi tersebut, dan kemudian semua proses kegiatan akan selalu dilakukan monitoring evaluasi sesuai dengan target capaian indikator kinerja sasaran. Seluruh proses kegiatan juga dibagikan kepada khalayak mahasiswa dan komunitas petani di Malaysia melaui link virtual (media zoom dan youtube) serta disertai dengan angket kepuasan penyimak/pemirsa virtual melalui google form serta umpan balik petani sasaran secara langsung.

Terwujudnya kegiatan kerjasama ini menandakan simbiosis mutualisme hubungan yang saling menguntungkan bagi para mitra kerjsama, dalam artian para Dosen di bilangan Perguruan Tinggi masing-masing dapat melakukan proses pembelajaran dan pengabdian langsung ke masyarakat serta masyarakat mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan dan teknologi, namun yang tak kalah pentingnya adalah saling membina kerukunan hidup, memupuk tali  silaturahmi antar sesama. Tentu diawali dengan kegiatan community service ini maka diharapkan akan terus terjalin dan terbina kegiatan lain yang berkelanjutan, seperti riset kolaborasi, publikasi ilmiah, konferensi activity, Lecture and student exchange, kuliah umum, pelatihan-pelatihan, field project, dan bentuk-bentuk kerjasama lain yang.

Dekan Fakulti Pertanian Lestari Universiti Malaysia Sabah Malaysia, Assoc. Prof. Dr. Azwan Awang dalam sambutannya bersama menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman agar dapat berguna bagi peternak sapi karena peternak ini yg nantinya menerapkan ilmu tersebut di lapangan. Dengan ilmu baru yang diberikan dalam kegiatan ini bertahap dapat meningkatkan produktivitas dan memperbaiki kehidupan sapi Bali bagi peternak sapi. Nantinya apabila pandemi ini sudah bereda akan mengadakan kunjungan ke Bali dan Universitas Warmadewa khusunya. Dalam kegiatan ini Fakulti Pertanian Lestari menghadirkan narasumber yang profesional dan terbaik di fakulti, sehingga nanti dapat memberikan sumbangan ilmu yang bermanfaat.

Acara diakhiri dengan penyerahan Bibit Tanaman dari Dekan Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa kepada Ketua Kelompok Tani Ternak Manah Cika Guna Bhakti Desa Baru Marga Tabanan.

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.