Wine buah naga merah merupakan minuman beralkohol yang dibuat dari buah naga merah melalui proses fermentasi oleh aktifitas khamir dimana gula yang terdapat dalam sari buah tersebut dirombak oleh sel khamir menjadi alkohol dan karbondioksida dan menghasilkan wine dengan flavour khas buah naga merah.

Untuk keperluan demontrasi pembuatan untuk skala kecil/laboratorium dapat dipergunakan fermentor dari botol-botol kaca atau plastik bekas yang sudah disterilkan dengan volume 1000 – 1500 ml, selang kecil dan beaker glas, beberapa peralatan dapur yang biasa dipergunakan sehari-hari seperti blender, pisau dapur, saringan, panci perebus, gelas ukur, termometer, pH meter dan corong gelas. Sedangkan bahan yang digunakan antara lain buah naga merah (Hylocereus costaricensis), gula pasir, asam sitrat dan NaOH dan khamir roti (Saccharomyces cerevisiae) untuk starter.

Cara Pembuatan Starter :

  1. Buah naga dibelah dan daging buah dikeluarkan, diblender dan disaring.
  2. Ditambahkan air bersih dengan perbandingan 1 : 1 v/v, pH diatur 4,0 .
  3. Dipasteurisasi pada suhu 60ºC selama 30 menit  kemudian didinginkan.
  4. Dibotolkan dan ditambahkan khamir roti (Saccharomyces cerevisiae) sebanyak 2,5%.
  5. Diinkubasikan selama 24 jam. Setelah inkubasi media dapat dipergunakan sebagai starter dalam pembuatan wine buah naga.

Cara Pembuatan Wine buah Naga :

  1. Buah naga dibelah dan daging buahnya dikeluarkan dengan sendok yang bersih kemudian diblender dan disaring dengan kain saring.
  2. Ditambahkan air bersih dengan perbandingan 1 : 4 v/v dan ditambahkan gula sebanyak 25% dan pH diatur 3,5.
  3. Media dipasteurisasi pada suhu 60ºC selama 30 menit kemudian didinginkan pada suhu kamar.
  4. Dimasukkan ke dalam botol-botol fermentasi dan ditambahkan starter  yang berasal dari ragi roti sebanyak 2,5%, selanjutnya difermentasi selama 15 hari.
  5. Dilakukan proses penuaan selama satu bulan untuk mematangkan wine sehingga terbentuk rasa dan aroma dari wine buah naga.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.