PROFIL FAKULTAS PERTANIAN Universitas Warmadewa

Post Thumb

Lulusan SMA sering kebingungan dalam memilih dan menentukan perguruan tinggi tempat melanjutkan studi. Kebingungan ini didasarkan atas minimnya informasi tentang perguruan tinggi, oleh karena itu Fakultas pertanian memandang perlu untuk menyajikan Profil Fakultas Pertanian sebagai sarana sosialisasi tentang profil-profil perguruan tinggi yang mana sangat membantu calon mahasiswa untuk lebih mengenal dan lebih mendapatkan gambaran serta referensi dalam hal menentukan perguruan tinggi.
Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa berdiri pada tanggal 17 Juli 1984 di bawah Yayasan Kesejahteraan KORPRI Propinsi Bali. Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa (Unwar) mulai menyelenggarakan kegiatan akademik pada tahun 1984, mempunyai empat program studi (prodi) yaitu :

1. Jurusan Budidaya Pertanian dengan Program Studi Agroteknologi
2. Jurusan Peternakan dengan Program Studi Peternakan
3. Jurusan Teknologi Pertanian dengan Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan
4. Jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan dengan Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan

Agroteknologi, Ilmu dan Teknologi Pangan, Peternakan, dan Manajemen Sumberdaya Perairan. Semua program studi telah terakreditasi dengan nilai B oleh BAN PT. Upaya peningkatan kualitas lulusan Fakultas Pertanian Unwar telah dilakukan dengan menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi Fakultas Pertanian Unwar mengintegrasikan Lingkungan Kepariwisataan sebagai Pola Ilmiah Pokok dalam kurikulum. Oleh karenanya, pendidikan di Fakultas Pertanian diarahkan pada pengembangan kompetensi pengelolaan sumber daya alam yang ramah lingkungan dan berbasis kearifan lokal. Dalam mengimplementasikan kurikulum pada proses pembelajaran didasari oleh semangat “Sapta Bayu” yang merupakan Spirit Sri Ksari Warmadewa . Internalisasi nilai-nilai Spirit Sri Ksari Warmadewa dalam proses pendidikan dan pengembangan ipteks pertanian di Fakultas Pertanian Unwar ini diharapkan menjadi keunggulan dan ciri khas (pembeda) dengan PTP lainnya. Internalisasi nilai Spirit Sri Ksari Warmadewa dilakukan secara komprehensif, baik dalam merumuskan kompetensi lulusan, kurikulum, muatan bahan kajian, strategi pembelajaran, maupun dalam interaksi akademik dan sosial.

Sumberdaya Manusia

Dalam hal Sumberdaya manusia, saat ini Fakultas Pertanian Unwar secara kuantitas dan kualitas dinilai masih perlu ditingkatkan. Oleh sebab itu ke depan harus ada komitmen secara terus-menerus ada upaya meningkatkan kuantitas, kualitas, termasuk kualifikasinya.
Sampai dengan tahun 2012, Fakultas Pertanian Unwar telah memiliki: (a) Dosen tetap yayasan dan dosen tetap yang dipekerjakan dari Kopertis Wilayah VIII berjumlah 48 orang, yang terdiri dari satu orang Guru Besar, dua orang Doktor, lima orang sedang menyelesaikan S3, 43 orang Master atau Magister, dua orang sedang menyelesaikan S2 dan satu orang S1. (b) Dosen tetap di luar Fakultas berjumlah enam orang bergelar Master atau Magister. Sebagian besar dosen (87,5%) telah lulus sertifikasi dosen dari Dikti Depdikbud RI, hanya enam orang (12,5%) yang belum. Kemudian (c) ada satu orang tenaga laboran, dan (d) sebanyak lima orang karyawan administrasi (berstatus karyawan yayasan) dituntut untuk selalu memperbaiki kualitas proses pelayanan administrasi disertai dengan upaya peningkatan relevansinya dalam rangka mengantisipasi tantangan dan permasalahan pertanian global abad ke-21. Diharapkan pada masa mendatang, Fakultas Pertanian Unwar dapat mengasilkan mutu lulusan, mutu proses penyelenggaraan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang unggul, berintegritas, dan profesional.

Mahasiswa

Sistem rekrutmen/penjaringan mahasiswa baru di Fakultas Pertanian Unwar dilakukan secara berjenjang untuk menjaga kualitasnya. Pertama melalui jenjang administrasi meliputi persyaratan sebagai calon mahasiswa harus memiliki nilai rata-rata rapor selama di Sekolah Menengah Atas (SMK/SMK) sekurang-kurangnya 65,0. Setelah itu mereka harus lulus dalam test masuk akademik dan terakhir mereka harus lulus dalam PKKMB (Pengenalan Kegiatan Kampus Mahasiswa Baru) yang diselenggarakan di tingkat fakultas maupun di tingkat universitas.
Keadaan jumlah mahasiswa Fakultas Pertanian Unwar dari sejak awal pembukaannya sampai tahun 2012 ini mengalami pasang surut mengikuti kecenderungan secara nasional minat mahasiswa baru untuk menuntut ilmu-ilmu di bidang pertanian dalam arti luas.

author

Ir. Dewa Nyoman Sadguna, M.Agb

Dekan
Pimpinan Fakultas Pertanian

5 Comments so far

  • Image Made John Doe June 02, 2017 | Reply
    masih dalam proses pengembangan
    • Image Ketut Jason Doe June 02, 2017 | Reply
      lets do this
    • Image Ketut Jason Doe June 02, 2017 | Reply
      Do not give up just because it failed at the first opportunity. Something precious you will not have it easily. Keep trying!
  • Image Made John Doe June 02, 2017 | Reply
    If you can not be intelligent, be a good person.
  • Image Putu Doe June 02, 2017 | Reply
    Most millionaires get a B or C on campus. They build wealth not of IQ alone, but creativity and common sense.
Leave a Comment
Back to Top